Selamat Datang di www.cetak-tiketku.blogspot.com, Peluang Usaha Untuk Mengelola Bisnis Penjualan Tiket Di Rumah Anda dengan Mudah ....!


Selamat Datang

Rekan Netter ...

Prospek Bisnis online di bidang penjualan tiket pesawat masih sangat besar peluangnya, selama perusahaan penerbangan masih ada dan dunia pariwisata terus berkembang, bisnis tiket pesawat masih layak untuk dipertimbangkan, hal yang perlu diperhatikan adalah menjamurnya pusat penjualan tiket dimana – mana, sehingga daya saing semakin tinggi, perlu suatu terobosan yang inovatif agar tetap bersaing sehat. Ini lah yang menjadi pertimbangan birotiket.com sehingga membuka peluang bisnis online menjadi biro tiket pesawat secara online dengan modal sedikit tetapi hasil yang sangat luar biasa..

Tahukah anda bahwa Internet juga bisa digunakan untuk menjalankan bisnis jutaan rupiah dengan modal terjangkau? Ya, kini anda dapat memanfaatkan Internet agar dapat menghasilkan jutaan rupiah per bulannya.

BERIKUT INI BUKTI KESERIUSAN KAMI
MENGAJAK ANDA MEMULAI USAHA BISNIS TIKET PESAWAT SECARA ONLINE

Menjadi Biro Tiket Pesawat tidaklah sesulit yang anda bayangkan bisa dilakukan kapan saja dimana saja oleh anda yang berprofesi sebagai karyawan, Pengusaha, ibu rumahtangga, mahasiswa, atau siapa saja! DIJAMIN, Anda tidak ingin melewatkan Peluang berharga ini...

Resiko ? Setiap Bisnis mempunyai resiko, Hal terpenting adalah bagaimana strategi anda mengolah resiko menjadi profit, salah satu cara mencari peluang bisnis dengan nilai investasi yang kecil.

Berapa modal yang anda keluarkan? Untuk menjadi agen penjualan tiket pesawat online sangatlah murah yaitu hanya sebesar Rp. 150000,- saja. Itu tidak seberapa mahal jika dibanding anda menjadi agen penjualan tiket secara offline.

KEUNTUNGAN APA SAJA YANG AKAN ANDA DAPATKAN ?

1. Proses reservasi / booking bisa dilakukan darimana saja dan kapan saja di seluruh wilayah Indonesia.
2. Data yang transparan langsung dari airline.
3. Proses reservasi langsung dilakukan dari sistem airline.
4. Anda bisa mencetak sendiri tiket anda dan penumpang anda bisa langsung terbang.
5. Pembayaran melalui transfer bank sehingga bisa lebih cepat dan akurat.
6. Anda bisa menjual kembali tiket tersebut kepada orang lain dengan harga pasar.

Selain beberapa keuntungan di atas, masih banyak lagi keuntungan yang akan anda dapatkan jika bergabung bersama www.birotiket.com, selengkapnya silahkan klik disini

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA


Bergabung? silahkan klik disini

Kamis, 12 Oktober 2017

The Naked Traveler

The Naked Traveler


My most favorite travel songs

Posted: 12 Oct 2017 03:05 AM PDT

Kita suka sebuah lagu sebenarnya karena ada kenangan yang menempel padanya. Setuju? Nah, saat traveling kita punya "lagu kebangsaan" yang terus berputar. Pas lagi traveling-nya sih nggak berasa, tapi saat balik muncul lah film flashback tentang kejadian apa saat mendengar lagu itu. Ada juga lagu yang bikin kita terinspirasi atau bahkan bikin depresi karena lirik atau suaranya.

Saya sendiri termasuk orang yang tidak pakai headphone dengerin lagu di mana pun. Sebagai penulis, saya membiarkan semua panca indera terbuka jadi tidak mau mengisolasi diri dengan mendengarkan musik. Namun, di setiap perjalanan mau tidak mau pasti mendengar musik yang diputar di ruang publik. Nah, berikut ada 10 lagu favorit saya saat traveling beserta alasannya, serta video musiknya:

  1. Waiting in Vain by Bob Marley

Saya suka semua lagu Bob Marley sampai sulit memilih hanya satu. Genre reggae emang pas  diputar di pantai, apalagi lagunya Marley. Karena dialah saya sampai pergi ke rumahnya di Jamaika (baca di buku "The Naked Traveler: 1 Year Round-the-World Trip"). Mendengar kocokan awal lagu ini langsung bisa membawa saya ke pantai tropis, pasir putih, nyiur melambai, matahari terbanam di cakrawala, pria hot bertelanjang dada, sambil chill nyimeng minum bir! #eaaa

  1. It Ain't Over 'til It's Over by Lenny Kravitz

Semua lagu Kravitz juga keren-keren. Gantengnya juga sama kayak Marley. Khusus lagu ini otomatis kepala dan badan saya pasti goyang-goyang saking beat-nya enak banget. Kalau lagi enak-enaknya traveling, kenalan sama orang yang menyenangkan, lalu terjadi kekhawatiran terhadap sesuatu, saya selalu bilang sambil nyanyi, "‘Cause baby it ain’t over ’til it’s over!". Jadi nikmatin dulu aja apa yang ada. #modus

  1. Ants Marching by Dave Matthews Band

Dua mantan gebetan saya fans berat Dave Matthews Band, bahkan mereka bisa main gitar dan bernyanyi persis lagu ini. Sialnya saya jadi kebawa-bawa doyan lagu ini. Eh tapi liriknya bagus sih, bikin saya pengin keluar dari rutinitas karena bak semut baris mengerjakan hal yang sama setiap hari. Lagu yang menginspirasi untuk traveling!

  1. Pure Shores by All Saints

Gara-gara film The Beach-nya Leonardo di Caprio yang saya suka banget, saya sampai bela-belain ke Pulau Phi Phi di Thailand pada 2003. Nah, soundtrack film itu adalah lagu ini! Saat saya liburan ke pantai sama sahabat-sahabat cewek saya, lagu ini pun diputar sambil berlagak bikin video klip ala All Saints. Hehe!

  1. Hey Ya! By OutKast

Mendengar lagu ini pasti bikin saya langsung joget. Ini lagu kenangan saat road trip di New Zealand bersama sahabat-sahabat saya Sri dan Jade. Tiap kami dugem dan merajai lantai dansa dengan "Goyang Bor" ala pedangdut Inul tapi pake lagu Hey Ya! Sudah dipastikan kami dikelilingi orang-orang yang bertepuk tangan. Rasanya jadi orang paling seksi sedunia!

  1. Guajira by Yerba Buena

Saat saya keliling dunia 1 tahun yang kebanyakan di negara Amerika Selatan, mau nggak mau jadi terekspos dengan Bahasa Spanyol beserta lagu-lagunya. Sebenarnya saat itu yang lagi ngetop adalah lagu-lagu dangdut disko Latin, namun yang nancep adalah lagu ini saat pemilik penginapan di Havana, Kuba, sering memutarnya. Dia akhirnya mengkopi lagu ini ke USB dan menjadi "lagu kebangsaan" saya dan Yasmin.

  1. Rocketeer by Far East Movement Ryan Tedder

Entah kenapa, lagu ini pas banget didengerin saat saya mau packing! Lagu yang pernah dipakai iklan salah satu maskapai penerbangan ini emang bikin saya segera terbang ke destinasi impian. Jadi semangat bongkar lemari!

  1. Closer by The Chainsmokers

Lagu sejuta umat ini nempel di kepala saat saya trip ke Eropa pada 2016 selama 1,5 bulan sendiri, saking selalu diputar di mana-mana. Rasanya bikin saya jadi cool dan pede mau kayak apapun sulitnya  ngegebet perjalanan.

  1. Home by Daughtry

Lagu ini berputar di kepala saat trip berakhir, biasanya pas di jalan mau ke bandara dengan perasaan penuh kemenangan berhasil menaklukkan suatu tempat. Sialnya harus pulang… untuk ngurus visa lagi. #hiks

  1. Chasing Pavements by Adele

Ini lagu bikin saya termehek-mehek banget! Saya selalu bernyanyi lagu ini di kepala kalo punya gebetan pas traveling sampai akhirnya kami berpisah ke destinasi masing-masing. Trus, mikir ini mau dibawa ke mana? Should I just keep chasin’ pavements, even if it leads nowhere? Anjirrr! #hakjleb

Nah, lagu favorit kalian pas traveling apa dan kenapa? Share dong di comment! ?

Kamis, 21 September 2017

The Naked Traveler

The Naked Traveler


Iceland indah?

Posted: 21 Sep 2017 10:59 AM PDT

Pertama kali mendengar nama negara Iceland (dalam bahasa Indonesia disebut "Islandia") ini ketika backpacking di Eropa saat masih kuliah. Saat winter, saya sedang duduk menggigil kedinginan di bandara. Pengumuman melalui pengeras suara di bandara menunjukkan kota-kota tujuan penerbangan. Tinggal saya dan seorang lelaki duduk di dekat situ. "Where are you going?" tanya saya sambil gemetaran dingin. "Iceland," jawabnya yang membuat saya tiba-tiba merasa tambah kedinginan. "Apa tadi? I I Ice land? Ice in the land? Land of the ice?" BRRRR!!!

Dulu Iceland adalah negeri yang tidak pernah saya bayangkan bisa didatangi saking jauh dan mahalnya. Namun sejak krisis ekonomi yang melanda Iceland pada 2008, pariwisatanya mulai digalakkan sebagai penyelamat. Hotel-hotel mulai dibangun, pesawat berbiaya rendah mulai diterbangkan. Alhasil yang tadinya turis asing berjumlah 80 ribu naik menjadi 4 jutaan per tahun – bandingkan dengan jumlah penduduk Iceland yang hanya 300 ribu.

Anyway, saya tidak menyangka 30 kg kemudian akhirnya sampai juga di Iceland pada Oktober 2016 bareng @RiniRaharjanti, berkat nemu budget airlines yang kami naiki dari Paris seharga 85 Euro. Kami berdua memang malas 'belajar' dulu tentang tempat yang akan didatangi – maksudnya biar terbuka mata dan pikiran di kampungnya Björk dan Sigur Rós gitu. Tapi gara-gara ini lah 'bencana' berdatangan.

Oktober bukan high season di Iceand, jadi kami pede aja booking hostel hanya untuk 2 malam pertama. Harganya cukup mahal untuk tinggal di dorm rame-rame, sekitar Rp 550 ribu per malam per orang per bed. Itu pun sudah dapat yang agak murah karena tidak terletak di pusat kota. Begitu masuk dan udah tau kamarnya nyaman, kami langsung extend.. eh kamarnya sudah fully booked! Panik browsing ke sana ke mari nggak nemu, akhirnya kami extend di hostel yang sama dengan kamar private untuk berdua yang tentu harganya lebih mahal lagi. Sial.

Makan pertama kami cari yang murah. Si resepsionis bilang yang terdekat ada KFC. Tadaaa! Ternyata makan berdua yang paket combo standar habis sekitar Rp 350 ribu! Emang sih udah dibilangin kalo Iceland mahal, tapi nggak nyangka sampe segitu harganya. Kami langsung belanja di supermarket untuk masak sendiri supaya hemat. Tapi kalau siang lagi jalan-jalan ke mana gitu tidak sempat pulang, jadi harus cari makan siang. So far nemu makan termurah berupa nasi bungkus porsi kecil dari warung India, itu pun harganya sekitar Rp 130 ribu. Alamak!

Dengan waktu hanya seminggu di Iceland kami keliling ke destinasi wajib turis. Di Reykjavik, kami ikut free walking tour untuk mengetahui lebih dalam tentang Iceland. By the way, tour guide-nya cakep lho! Fakta yang menarik, Iceland sebenarnya tidak sedingin es, suhu rata-ratanya hanya -10 sampai 10 derajat Celcius saja. Orang Icelander itu kreatif dan sangat bebas, terbukti banyak instalasi seni dan mural. Negaranya pun sangat aman, kantor Perdana Menteri aja tidak berpagar dan tidak ada satpam.

Tempat favorit saya di Reykjavik ada dua. Pertama adalah Harpa, gedung konser dan konferensi yang strukturnya terdiri dari kerangka baja yang dilapisi dengan panel kaca berbentuk geometris berwarna-warni. Desainnya keren banget dan di manapun sangat Instragamable. Kedua adalah The Icelandic Phallological Museum alias Museum Penis. Iya, segala macam penis, kebanyakan hewan, dipamerkan. Ternyata yang terkecil adalah anunya hamster dan terbesar adalah anunya blue whale. Jadi jangan berkecil hati ya, gaes! 🙂

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Semua destinasi turis di luar kota pun kami kunjungi, seperti jalur Golden Circle yang terdiri dari air terjun Gullfoss, Geysir dan Strokkur, Þingvellir National Park, danau kawah Kerið. Kami sempat juga sewa mobil sendiri dengan jalur South Coast, antara lain ke Vik, air terjun Seljalandsfoss dan Skógafoss, glacier Sólheimajökull, pantai Reynisfjara. Pengen diving di antara lempengan benua tentu batal karena nggak kuat mahalnya, nggak worth it untuk pamer foto doang.

Jalur pantai selatan lebih indah sih: pegunungan hijau berlapis-lapis seperti di film Secret Life of Walter Mitty dan pantai pasir hitam seperti adegan pembuka film Rogue One: A Star Wars Story. Nah masalahnya, kebanyakan pas saya foto pemandangan di Iceland kenapa jadi mirip dengan alam Indonesia ya? Geysir dan air terjun bentuknya sama. Danau kawah malah bagusan punya kita banget. Pantai Star Wars itu malah kayak di Jawa! Saya jadi mikir, ini saya yang dodol motretnya atau para Instagramer yang kebanyakan edit ya?

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Kalau membayangkan Iceland adalah dataran luas tanpa manusia itu tidak seluruhnya benar. Film-film tersebut lokasinya khusus dan bukan berada di jalur turis, kecuali Anda Justin Bieber yang bisa syuting video musik gugulingan sendirian. Mungkin dulu pernah sepi. Tapi sekarang sih udah penuh sama turis Amerika yang super berisik dan rombongan turis Tiongkok yang mendominasi lokasi untuk foto bareng. Mau foto sendirian nggak ada orang? Kecil kemungkinan!

O ya, sebagian besar orang ingin ke Iceland karena ingin melihat langsung aurora borealis. Sebenarnya saya pernah lihat aurora di Finlandia belasan tahun yang lalu, tapi sejak adanya medsos kan mau pamer ya? Aurora hanya bisa dilihat pada musim winter, katanya antara Oktober sampai April – kalau beruntung. Setiap hari kami booking tur liat aurora, tapi setiap sore semua tur selalu dibatalkan karena langit berawan. Padahal kata temen sehostel, dua hari sebelum kami tiba ada aurora terang banget di halaman hostel. Next time saya ke negara lain aja ah fotonya!

Hari terakhir kami berencana untuk kungkum di Blue Lagoon, kolam hotspring yang sangat terkenal itu. Eh kata teman sehostel kalau ke sana nggak bisa go show tapi harus booking dulu online. Hah? Dodol banget kan kami? Saya pun tanya ke resepsionis karena mereka menjual segala macam tiket. Ternyata… semua jam penuh, kecuali slot yang jam 9 malam – itu pun tutupnya jam 10 malam! Dan di sana, ya ampun, udah kayak cendol! Mana malam itu angin berhembus sangat kencang sehingga air di kolam berombak. Kami bak manusia perahu yang kecebur di kegelapan dan dihajar banjir air bah! Pulangnya kami berjalan kaki ke mobil sampai merunduk karena dihajar angin kencang. Lebih ngeri lagi, mobil kami bisa bergoyang-goyang sendiri bahkan mengsle kena angin! Hiyy!

Intinya: Iceland tidak se-wow yang saya kira. Kalau sudah pernah ke New Zealand dan Chile, rasanya Iceland jadi biasa saja. Jangan salah, Iceland tidak bisa dibilang jelek, ia tetap indah dan spektakuler. Hanya saja saya pernah melihat yang lebih indah lagi. Atau mungkin saya kurang lama dan kurang jauh. Pada akhirnya, pergi ke Iceland justru membuat saya makin cinta Indonesia.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Senin, 04 September 2017

The Naked Traveler

The Naked Traveler


Disabled Traveler

Posted: 04 Sep 2017 03:00 AM PDT

Tak pernah menduga saya bisa menulis tentang pengalaman pribadi menjadi seorang yang disabled alias penyandang cacat. Istilah sopannya zaman sekarang disebut "difabel" yang berarti kelainan fisik dan/atau mental yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayaknya. Nggak, saya nggak gila, tapi saya pernah cacat fisik selama lebih dari sebulan. Nggak parah, tapi lumayan mengganggu.

Pada Juni 2017, lutut kiri saya terasa ngilu luar biasa, terutama saat berjalan. Berhubung akan trip ke Kazakhstan, maka saya pergi ke dokter speasialis ortopedi. Setelah diperiksa, cek MRI dan X-Ray, hasilnya sungguh tidak menggembirakan: meniskus (bantalan antara sendi lutut) robek, terdapat cairan sehingga lutut bengkak, tulang memar, dan osteoartritis (pengapuran). Karena apa? Kombinasi antara cedera olah raga, overuse (kebanyakan dipake) dan obesitas! Dokter cuman kasih obat anti nyeri sementara. Cara penyembuhannya adalah istirahat, mengurangi pergerakan, dan menurunkan berat badan. Lha, gimana? Profesi saya kan tukang jalan-jalan! Saya pun disuruh berjalan pake tongkat agar mengurangi beban pada lutut kiri. Anjir, gue kayak nenek-nenek jompo!

Singkat cerita, berangkatlah saya ke Kazakhstan dengan muka meringis karena menahan ngilu. Saya baru sadar bahwa kecepatan jalan kaki saya dengan menggunakan tongkat melambat 50%. Saya frustasi sendiri karena saya yang biasanya aktif bet-bet-bet jadi selow banget. Pekerjaan saya literally and figuratively modal dengkul, namun dengkul saya menyerah. Aaaarrgh!

Kazakhstan ternyata bukan negara yang disabled friendly. Di Almaty, hampir semua hotel pasti bertangga untuk naik ke lobi. Saya memang sengaja bawa koper beroda supaya tidak tambah beban, tapi gimana bawanya kalau naik/turun tangga? Naik tangga adalah siksaan, tapi ternyata turun tangga lebih ngilu lagi. Di Metro (kereta bawah tanah) ada tangga jalan, tapi masuk ke dalam stasiun tetap ada tangga dan tidak ada ada lift. Jalan-jalan di kota masih mending, tapi begitu di alam fasilitas difabel tidak ada. Parahnya lagi, toilet umum di luar kota harus jongkok! Wadawww!

Saya extend ke Astana yang merupakan ibu kota modern, tapi tidak lebih baik. Saya meminta tolong teman orang Kazakh untuk menelepon hostel agar saya tidur pada lower bunk bed (ranjang bawah) jadi nggak harus manjat. Eh nggak taunya hostel terletak di lantai dua tanpa lift! Saya terpaksa hanya keluar hostel sekali, dari pagi pulang malam dan nggak keluar lagi.

Yang saya senang di Kazakhstan adalah malnya karena lift yang tersedia khusus untuk difabel. Kalau orang normal masuk, akan dipelototi orang. Namun di bandara saya dicurigai. Tongkat harus masuk X-Ray terpisah dan saya pun disuruh body check di dalam ruangan khusus. Untuk memastikan bahwa saya memang sakit kakinya, eh saya disuruh buka celana! Si mbak petugas malah mencet-mencet lutut saya. Aduh, mbak!

Pulang ke Jakarta, lutut saya belum sembuh jadi ke mana-mana masih pake tongkat. Saya baru memperhatikan bahwa permukaan jalan di Jakarta banyak yang tidak rata, bahkan di dalam rumah sekalipun. Ada anak tangga ada di hampir semua gedung, baik mal, kantor, restoran. Yang paling bahaya adalah ketika berada di keramaian. Jalan di tempat ramai, orang asyik aja mepet sampai tongkat saya jatuh. Lift mal dipenuhi oleh orang normal, padahal selalu ada escalator. Ketika saya naik bus umum, orang tidak memberikan tempat duduk. Keluar bus, ada gap besar antara lantai bus dan halte. Dan yang paling sulit adalah menyebrang jalan! Baru juga beberapa langkah, mobil dan motor tidak ada yang memperlambat kecepatan! Was-wus aja sampe saya stuck di tengah jalan dan ditolong tukang parkir.

Seminggu kemudian, saya diundang ke Inggris. Ada 10 orang media dari 10 negara yang ikut, dengan tema adventure yang membutuhkan banyak aktivitas fisik. Waktu saya konfimasi, saya pikir saya bakal normal kembali. Ternyata tidak. Saya merasa gagal merepresentasikan Indonesia! But the show must go on. Saya pun ke dokter gizi untuk konsultasi menurunkan berat badan dan ke dokter rehabilitasi medik untuk diajarkan cara berjalan agar mengurangi rasa sakit. Dengan tongkat keparat saya tetap berangkat. Untunglah saya masih dikasihani Tuhan. Dalam rombongan itu ternyata ada 4 orang tua, dan salah satunya juga sakit lutut! Jadilah itinerary dibuat 2 versi; aktivitas fisik untuk anak muda dan jalan-jalan untuk orang tua, contohnya yang muda surfing, yang tua ke kastil.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Inggris sebagai negara maju hampir selalu menyediakan fasilitas untuk difabel. Warganya pun sudah biasa memprioritaskan difabel, ada aja orang yang menolong saya. Setiap ada anak tangga, ada pilihan permukaan rata. Hotel kecil di pelosok sekalipun ada lift, tersedia kamar khusus difabel dengan kamar mandi yang banyak pegangan dan tidak harus memanjat bathtub. Hanya sekali saya naik-turun tangga, yaitu ketika saya extend ke Belfast dan naik pesawat berbiaya rendah. Dasar murah, tidak ada belalai dari pintu bandara ke pintu pesawat – ya, nasib!

Eh, ada satu hal lagi yang bikin down dengan 'kecacatan' saya. Ternyata saya jadi nggak pede gebet laki! *tutup muka*

Selasa, 22 Agustus 2017

The Naked Traveler

The Naked Traveler


Wales, the Epic Land! (2)

Posted: 22 Aug 2017 03:11 AM PDT

Ini adalah bagian kedua tentang jalan-jalan di Wales, setelah sebelumnya dibahas di sini.

Epic Town

Caernarfon – kota kecil yang menawan karena dikelilingi oleh tembok kuno yang dibangun pada abad ke-13 dengan kastil yang dibangun oleh Raja Edward I yang besar menjulang. Kota dan kastil Caernarfon termasuk ke dalam situ warisan UNESCO karena masih terpelihara dengan baik seperti aslinya. Nongkrong sambil minum bir di pub samping Selat Menai sambil dengerin Welsh folk music serasa kembali ke zaman Robin Hood!

Portmeirion – terkenal karena merupakan tempat syuting film seri The Prisoner pada 1960an. Arsiteknya adalah Sir Clough Williams-Ellis, seorang yang cukup 'gila' untuk membuat desa bergaya Italia selama kurun waktu 50 tahun (1925-1975). Jadi ada kastil, berbagai bangunan Mediterania bercat pastel warna-warni, patung dan air mancur, sampai gereja berkubah. Terletak di pinggir Sungai Dwyryd dengan latar belakangan pegunungan Snowdonia, Portmeirion ini sebenarnya bukan desa karena tidak ada penduduknya, namun telah diubah menjadi resort bintang lima. Selebritas yang pernah tinggal di sana antara lain Ingrid Bergman dan Paul McCartney.

 

Llandudno – karena kota ini terletak di pinggir pantai, Llandudno jadi kota favorit saya. Tapi yang bikin bagus sih arsitektur bangunannya yang bergaya Victoria (abad ke-19) sehingga tampak elegan. Tak heran Llandudno terpilih sebagai the third best tourism destination in the UK by TripAdvisor, setelah London and Edinburgh. Kerennya lagi, kita bisa mengikuti jejak Alice in Wonderland di mana Alice aslinya (Alice Liddell) pernah tinggal di Llandudno pada 1860-an.

Epic Landscape

Menai Strait – selat ini memisahkan antara Pulau Anglesey dan Pulau Wales. Dengan naik speed boat keliling-keliling selat ini, kita disuguhkan pemandangan tebing-tebing Anglesey, desa-desa cantik, jembatan-jembatan berusia ratusan tahun, dan gereja tua. Pemandangan di daratnya pun indah; serba hijau dengan sapi-sapi gemuk makan rumput.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Snowdonia – daerah pegunungan ini dinamai demikian mengikuti nama gunung tertinggi di Wales, Mount Snowdon, dengan ketinggian 1.085 mdpl. Saking cantiknya, Snowdonia adalah lokasi syuting film King Arthur: Legend of the Sword! Biasanya orang ke sana untuk hiking, tapi ada cara yang jauh lebih gampang dan nggak pake ngos-ngosan, yaitu naik kereta Ffestiniog dari Porthmadog ke Caernarfon. Ffestiniog adalah perusahaan rel kereta tertua di dunia yang berdiri sejak 1832. Uniknya lagi, kereta ini adalah kereta uap tua, jadi melintasi pegunungan hijau di sana jadi berasa pergi ke Hogwarts!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on


Epic Language

Di Wales, bahasa resminya ada dua, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Welsh. Jadi rambu lalu lintas, menu, dan informasi apapun dalam dua bahasa. Orang Welsh yang berbahasa Welsh kebanyakan di utara Wales. Bahasa Welsh beda banget dengan bahasa Inggris! Misalnya, "Good afternoon! How are you? Good bye!" bahasa Welsh-nya adalah "Prynhawn da! Sut ydych chi? Hwyl fawr!" Bila Anda merasa bahasa Welsh kebanyakan huruf konsonan daripada vokal, itu karena huruf 'w' dan 'y' dianggap huruf vokal.

Epic-nya adalah saya mengunjungi sebuah kota bernama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch. Buset! Nama satu kata dengan 58 huruf ini merupakan nama tempat terpanjang kedua di dunia (yang pertama ada di Selandia Baru dengan 92 huruf dalam bahasa Maori). Artinya dalam bahasa Inggris adalah, “Saint Mary’s Church in the Hollow of the White Hazel near a Rapid Whirlpool and the Church of St. Tysilio near the Red Cave“. Begitu memasuki kotanya, ada sebuah toko dealer mobil mewah, eh sepanjang tembok bangunannya adalah nama kota itu. Supaya gampang foto-foto selfie, saya ke stasiun keretanya. Eh bener lho, namanya sepanjang bangunan! Buset, ngabis-ngabisin dana percetakan ya? Hehe! Ada fakta menarik lagi, aktris Naomi Watts masa kecilnya pernah tinggal di sana.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Also Epic

Smallest house in Britain – terletak di kota Conwy, rumah terkecil se-Inggris ini ukuran lantainya 3,05 x 1,8 meter dengan dua lantai, yang bawah untuk ruang tamu dan perapian, yang atas untuk tempat tidur. Dibangun pada abad ke-16, rumah ini dihuni oleh seorang nelayan dengan 6 orang anggota keluarga. Pada abad ke-19, pemerintah setempat menutup rumah ini karena dianggap tidak manusiawi untuk dihuni sehingga akhirnya dijadikan destinasi wisata. Eng, bukannya banyak ya rumah kecil di Indonesia? *tutup muka*

World's Best Beach Bar – namanya Ty Coch Inn, letaknya di desa Porthdinllaen di pantai pasir putih yang cantik. Bar ini terpilih menjadi salah satu dari 10 beach bar terbaik di dunia berdasarkan survei. Apa dong istimewanya? Ia terletak di pantai yang tidak bisa dilalui kendaraan, jadi pengunjung harus parkir di atas tebing lalu jalan kaki sekitar 20 menit untuk sampai ke bar yang hanya ada satu-satunya di pantai itu. Minumannya adalah bir Welsh Ale. Ah, segar!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Epic Tips

  • Untuk traveling di utara Wales, paling efektif terbang dari Jakarta (CGK) ke Manchester (MAN) via Dubai (DXB). Dari Manchester ke Llandudno di Wales hanya ditempuh sekitar 1,5 jam berkendara.
  • Visa UK bikinnya di VFS. Syaratnya gampang, cuman ikutin 3 langkah ini. Jangan khawatir, paspor Indonesia itu termasuk tinggi tingkat keberhasilan dapat visa UK lho!
    Karena waktu itu butuh buru-buru, saya ambil jasa Priority Visa yang ternyata 2 hari kerja udah kelar. Saya juga ambil jasa VIP Premium Lounge di VFS Kuningan City biar nggak pake ngantri, bisa nunggu sambil ngopi, dan ada yang bantuin, termasuk jasa SMS untuk mengetahui status.

VIP Premium Lounge di VFS Kuningan City

Selasa, 08 Agustus 2017

The Naked Traveler

The Naked Traveler


Wales, the Epic Land!

Posted: 08 Aug 2017 04:58 AM PDT

Bulan lalu saya keliling Wales bagian utara. Lumayan untuk menamatkan jejak kaki saya di empat 'negara' dalam United Kingdom yang terdiri dari England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland. Dibanding keempatnya, Wales memang tidak terlalu populer. Namun menurut saya, Wales justru yang terunik dan terindah! Epic banget deh!

Whispering Sand Beach

Wales yang menempati area hampir seluas propinsi Bengkulu ini terletak di barat Britania Raya yang berbatasan dengan Laut Irlandia. Penduduknya 3 juta orang (sekitar 5% dari total penduduk United Kingdom) dengan 9 juta domba. Iya, serius! 78% wilayah Wales diperuntukan untuk agrikultur jadi memang serbahijau dan cocok untuk beternak. Lansekapnya pun didominasi oleh pegunungan, terutama di utaranya sehingga lebih dramatis.

Epic-nya Wales saya bagi ke dalam beberapa kategori begini;

Epic Castles

Terdapat 641 castle (istana) di Wales atau paling banyak per mil persegi di dunia. Ada di gunung, di pantai, ada yang dijadikan museum atau hotel, ada yang katanya berhantu, ada juga yang kosong begitu saja. Saya masuk ke tiga di antaranya;

Conwy Castle – Termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site, istana yang dibangun oleh Raja Edward I pada abad ke-13 ini disebut sebagai arsitektur militer terbaik di Eropa. Berbentuk persegi panjang, istana ini terbagi dua yaitu bangsal luar dan bangsal dalam, dengan delapan menara pengintai. Selain berfungsi sebagai benteng pertahanan, di dalamnya juga terdapat tempat tinggal keluarga raja dan stafnya.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Criccieth Castle – istana ini dibangun oleh Llywelyn the Great pada abad ke-13 yang dimodifikasi oleh Raja Edward I. Pada abad ke-15, istana ini direbut kembali dari Kerajaan Inggris yang merupakan pemberontakan terakhir bangsa Welsh. Terletak di atas bukit di antara dua pantai Gwynedd dan Tremadog Bay membuat istana ini tempat keren untuk nongkrong sambil memandang kota Criccieth dari ketinggian.

Kota Criccieth

Penrhyn Castle – aslinya rumah seorang bangsawan kaya bernama Ednyfed Fychan di Llandygai pada abad ke-13 yang telah direnovasi berkali-kali sampai terakhir pada abad ke-19 oleh arsitektur Thomas Hopper. Di dalamnya masih tersimpan dengan baik barang perabotannya beserta koleksi lukisan berharga. Di sisi lain terdapat taman dan museum kereta api. Terletak di atas bukit, istana ini menghadap pegunungan Snowdonia, jadi bangunan dan pemandangannya sama-sama spektakuler!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Epic Coastline

Dengan garis pesisir sepanjang 2.700 km, Wales diberkahi dengan pantai-pantai yang kece. Pada musim panas, Wales jadi tempat berlibur orang Inggris karena cuacanya lebih hangat dan kering. Tak hanya untuk berenang, tapi pesisirnya bisa untuk hiking dan bersepeda. Ini beberapa di antaranya;

South Stack – terkenal dengan mercu suarnya yang cantik dan merupakan sebagian dari walking trail di pesisir Pulau Anglesey. Emang nyaman banget berjalan kaki di jalur khusus pejalan kaki dengan pemandangan indah begini! Selain bisa berkunjung ke mercu suar setinggi 41 meter dengan ratusan anak tangga, di tebingnya kita bisa bird watching melihat ribuan burung liar, seperti Puffin, Razorbill dan Guillemot.

Newborough Beach – untuk mencapai pantainya, saya berjalan kaki dulu di antara hutan pinus selama 50 menit. Bila di negara tropis pantainya berisi pohon kelapa, di sini pohon pinus! Dari pantai berair tenang ini, lanjut berjalan kaki ke Pulau Llanddwyn, rumah Saint Dwynwen. Bila di dunia merayakan Hari Valentine, di Wales orang merayakan Hari Dwynwen. Legenda mengatakan karena cinta dilarang oleh orang tua, Dwynwen bersumpah untuk tidak menikah.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Aberdaron – adalah desa nelayan di ujung Llyn Peninsula sehingga disebut "Land's End of Wales". Desa cantik di pinggir pantai ini dikelilingi perbukitan yang langsung 'jatuh' ke laut, pantai-pantai berpasir warna emas, dan menghadap pegunungan Snowdonia. Favorit saya adalah Whispering Sand, pantai yang pasirnya menimbulkan suara siulan, dan sunset di Pantai Aberdaron dengan langit yang berwarna pink!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Epic Adventure

Kalau Anda penggemar aktivitas pemicu adrenalin, Wales adalah pusatnya. Mau coba?

Surf Snowdonia Adventure Parc – surfing di Wales? Bisa! Surf Snowdonia adalah danau tempat surfing di pertama di dunia. Danau sepanjang 300 meter ini terdapat ombak buatan sehingga pengunjung bisa surfing sepanjang tahun. Ada kelas surfing untuk pemula sampai level 2, termasuk wet suit dan papan. Yang nggak mau surfing bisa ikut permainan kayak seri di TV, Wipe Out.

Coasteering – pelopor coasteering di dunia adalah di Wales. Coasteering dari kata coast (pesisir) merupakan aktivitas air campuran antara rock-hopping, shore-scrambling, swell-riding, cave-exploring dan cliff-jumping. Peserta dipinjami wet suit dan helm, dan dipandu oleh instruktur. Karena kondisi lutut, saya nggak bisa ikutan. Tapi katanya sih seru banget!

Llandudno Ski and Snowboard Centre – tempat main ski dan snowboard setiap hari sepanjang tahun. Dengan teknologi khusus, pengunjung dapat meluncur di ski slope. Tersedia kursus ski mulai dari kelas Taster sampai Level 7. Yang nggak doyan main ski, bisa main toboggan (semacam papan seluncur yang diduduki dan meluncur sepanjang 750 meter dari ketinggian – jalur terpanjang di Inggris!) atau main sno-tubing (meluncur di atas ban besar).

Zip World Velocityzip line tercepat di dunia dan terpanjang di Eropa! Ini highlight trip saya di Wales. Ternyata kita nggak meluncur dalam posisi duduk tapi posisi tengkurap dengan badan dan kaki terkait ke wire. Turun pun dua kali, pertama di wire yang pendek untuk penyesuaian, lalu kedua dibawa naik truk ke atas bukit setinggi 1.500 meter dan turun dari sana. Mulai dari situ deg-degan karena terasa ketinggiannya. Begitu meluncur, rasanya kayak terbang aja karena kecepatannya mencapai 160 km/jam! Whoaaa!!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on


(Bersambung)
Masih banyak hal epic lainnya di Wales yang saya kunjungi, termasuk ke kota bernama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (saya nggak salah ketik!) dan naik kereta uap ke Hogwarts. Atau, pengin tau juga gimana gampangnya bikin visa? Tunggu di blog post selanjutnya!

Kamis, 03 Agustus 2017

10 Sifat Istri Yang Membuat Rezeki Suami Mengalir Deras




Banyak suami yang mungkin tidak tahu kalau rejekinya dengan izin Allah mengalir lancar atas peran istri. Memang tidak dapat dilihat secara kasat mata, tetapi dapat dijelaskan secara spiritual kalau 10 karakter istri ini 'membantu' menghadirkan rejeki untuk suaminya.

1. Istri yang pandai bersyukur

Istri yang bersyukur atas semua karunia Allah pada hakikatnya dia sedang mengundang tambahan nikmat untuk suaminya. Termasuk juga rejeki. Miliki suami, bersyukur. Jadi ibu, bersyukur. Anak-anak dapat mengaji, bersyukur. Suami memberi nafkah, bersyukur.

2. Istri yang tawakal kepada Allah

Di waktu seseorang bertawakkal pada Allah, Allah akan mencukupi rejekinya.
"Dan barangsiapa yang bertawakkal pada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. " (QS. Ath Thalaq : 3).
Bila seseorang istri bertawakkal pada Allah, sementara dia tidak bekerja, dari mana dia dicukupkan rejekinya. Allah akan mencukupkannya dari jalan lain, tidak selamanya harus langsung diberikan pada wanita itu. 

3. Istri yang baik agamanya

Rasulullah menjelaskan kalau wanita dinikahi karena empat perkara. Karena hartanya, kecantikannya, nasabnya dan agamanya.
"Pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung" (HR. Al Bukhari dan Muslim). 
Beruntung itu beruntung didunia dan di akhirat. Beruntung didunia, salah satu aspeknya yaitu dimudahkan mendapatkan rejeki yang halal.
Coba kita perhatikan, insya Allah tidak ada satu pun keluarga yang semua anggotanya patuh pada Allah lalu mereka mati kelaparan atau nasibnya mengenaskan. 

4. Istri yang banyak beristighfar

Diantara keutamaan istighfar yaitu mendatangkan rejeki. Hal semacam itu dapat dilihat dalam Surat Nuh ayat 10 sampai 12. Kalau dengan memperbanyak istighfar, Allah akan mengirimkan hujan dan memperbanyak harta.
"Maka saya katakan pada mereka, 'Mohonlah ampun pada Tuhanmu', sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan padamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (juga di dalamnya) sungai-sungai untukmu" (QS. Nuh : 10-12).

5. Istri yang gemar silaturahim

Istri yang gemar menyambung silaturahim, baik pada orang tuanya, mertuanya, sanak familinya, serta saudari-saudari seaqidah, pada intinya ia tengah menolong suaminya membuat lancar rejeki. Sebab keutamaan silaturahim adalah dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya.
"Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi. " (HR. Al Bukhari dan Muslim).

6. Istri yang suka bersedekah

Istri yang suka bersedekah, dia juga pada hakikatnya sedang melipatgandakan rejeki suaminya. Sebab salah satu keutamaan sedekah seperti disebutkan dalam surat Al Baqarah, akan dilipatgandakan Allah sampai 700 kali lipat. Bahkan sampai kelipatan lain sesuai kehendak Allah.
Bila istri diberi nafkah oleh suaminya, lalu sebagiannya ia gunakan untuk sedekah, mungkin tidak segera dibalas melaluinya. Tetapi bisa jadi dibalas melalui suaminya. Jadilah pekerjaan suaminya lancar, rejekinya berlimpah.
"Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) untuk siapapun yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui. " (QS. Al Baqarah : 261).

7. Istri yang bertaqwa

Orang yang bertaqwa akan mendapatkan jaminan rejeki dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bahkan ia akan mendapatkan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Seperti firman Allah dalam surat Ath Talaq ayat 2 dan 3.
"Barangsiapa bertaqwa pada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya serta memberinya rizki dari arah yg tidak disangka-sangka" (QS. At Thalaq : 2-3).

8. Istri yang selalu mendoakan suaminya

Bila seorang ingin mendapatkan suatu hal, ia perlu mengetahui siapakah yang memilikinya. Ia tidak dapat mendapatkan suatu hal itu tetapi dari pemiliknya. Begitulah rejeki. Rejeki sebenarnya adalah pemberian dari Allah Azza wa Jalla. Dialah yang Maha Pemberi rejeki. Jadi jangan hanya mengandalkan usaha manusiawi tetapi perbanyaklah berdoa memohon kepadaNya. Doakan suami supaya selalu mendapatkan limpahan rejeki dari Allah, dan yakinlah bila istri berdoa pada Allah untuk suaminya pasti Allah akan mengabulkannya.
"DanTuhanmu berfirman : Berdoalah kepadaKu niscaya Aku kabulkan" (QS. Ghafir : 60).

9. Istri yang suka shalat dhuha

Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang luar biasa keutamaannya. Shalat dhuha dua raka'at setara dengan 360 sedekah untuk menggantikan hutang sedekah setiap persendian. Shalat dhuha empat rakaat, Allah akan menjamin rejekinya sepanjang hari.
"Di dalam tubuh manusia ada 360 sendi, yang semuanya harus di keluarkan sedekahnya. " Mereka (para sahabat) bertanya, "Siapakah yang dapat melakukan itu wahai Nabiyullah? " Beliau menjawab, "Engkau membersihkan dahak yang ada didalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan suatu hal yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Jadi bila engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), jadi dua raka'at Dhuha telah mencukupimu. " (HR. Abu Dawud)
Allah 'Azza wa Jalla berfirman, "Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Saya cukupkan untukmu di sepanjang hari itu. " (HR. Ahmad).

10. Istri yang taat dan melayani suaminya

Salah satu kewajiban istri pada suami adalah mentaatinya. Selama perintah suami tidak dalam rangka mendurhakai Allah dan RasulNya, istri wajib mentaatinya.
Apa hubungannya dengan rezeki? Ketika seorang istri taat pada suaminya, jadi hati suaminya juga tenang dan damai. Saat hatinya damai, ia dapat berpikir lebih jernih dan kreatifitasnya muncul. Semangat kerjanya juga menggebu. Ibadah juga lebih tenang, rizki mengalir lancar.

Jumat, 21 Juli 2017

The Naked Traveler

The Naked Traveler


Gimana caranya ke Kazakhstan?

Posted: 21 Jul 2017 10:46 AM PDT

Di postingan sebelumnya, saya sudah menulis tentang destinasi-destinasi menarik di sekitar Almaty. Kali ini saya mau menjelaskan informasi yang dibutuhkan untuk pergi ke Kazakhstan.

Visa

Bagi pemegang paspor Indonesia, visa bisa apply di Kedutaan Besar Kazakhstan, Jl. Denpasar Raya, Blok A/12, Kav.1, Mega Kuningan, Jakarta 12950, Telepon: (021) 29440388, 29440386, E-mail: jakarta.kazemb@yahoo.com. Submit visa hanya dilakukan setiap hari kerja kecuali Rabu pada jam 09.00-11.00. Kalau dokumen sudah lengkap, proses visa memakan waktu minimal 5 hari kerja. Ambil visa setiap hari kerja kecuali Rabu pada jam 13.00-15.00.

Sistem visa mirip dengan cara Rusia. Syaratnya: paspor asli, isi formulir dalam huruf besar, letter of invitation (bisa dari pengundang atau travel agent di Kazakhstan) yang menyebut Visa Support No. yang diperoleh dari Department of Consular Service, Ministry of Foreign Affairs Republic of Kazakhstan di kota Astana atau Almaty, surat keterangan kerja, dan pas foto berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm. Meskipun akhirnya tidak diminta, tapi siapkan juga bank statement, kartu keluarga, paspor lama. Biayanya USD 60 ditransfer ke Bank Mandiri.

Bila Anda tinggal di Kazakhstan lebih dari 5 hari, maka wajib lapor ke kantor imigrasi setempat di Kazakhstan. Kalau tidak, Anda akan ditahan oleh imigrasi bandara. Tapi kalau tidak mau repot, bisa minta tolong travel agent/hotel untuk menguruskannya dengan biaya.

Begitu Anda mendarat, pihak imigrasi akan memberikan Migration Card berwarna putih. Isi lah, simpan dan jangan sampai hilang, karena akan diminta kembali saat Anda keluar dari Kazakhstan.

Transportation

Get in: Rute paling efektif ke Kazakhkstan adalah terbang dari Kuala Lumpur (KUL) atau Bangkok (BKK) direct ke Almaty (ALA) menggunakan maskapai Air Astana. Pesawatnya baru, servisnya oke, makanannya enak kok.

Get around: antarkota di Kazakhstan bisa naik bus, kereta, atau pesawat terbang. Harap diingat bahwa Kazakhstan adalah negara yang sangat luas, jadi Almaty ke Astana aja bisa memakan waktu 20 jam naik kereta. Alternatif maskapai domestik selain Air Astana adalah Scat atau Bek Air. Sedangkan transportasi umum di dalam kota, bisa naik bus atau Metro (hanya ada di Almaty) dengan harga tiket yang murah; bus 90 Tenge dan Metro 80 Tenge.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Yang unik adalah taksi. Sebenarnya ada Uber, tapi masalahnya dia akan telepon ke nomor kita yang terdaftar (international roaming), lalu masalah bahasa pun muncul. Jadi mending pake taksi ilegal. Caranya: berdiri aja di pinggir jalan sambil melambai-lambaikan tangan, maka siapapun dengan mobil apapun akan berhenti. Kasih alamat (yang sudah ditulis dengan aksara Rusia/Kazakh), tawar-tawaran harga (pake bahasa Tarzan), lalu naik. Beres, nggak usah pake ngomong, nyampe di depan pintu. Awalnya saya agak takut, tapi terbukti aman dan efektif. Tarif tergantung jauh-dekatnya, tapi berkisar di antara 500-1000 Tenge.

Tidak semua destinasi wisata, terutama di luar kota, yang ada transportasi umum. Kalau malas ribet dan mau pake paket tur, rekomendasi saya adalah City Tour KZ dengan guide berbahasa Inggris bagus, profesional, dan baik hati.

Accommodation

Penginapan sangat variatif, mulai dari hostel dengan harga USD 10/bed/malam sampai hotel berbintang lima jaringan internasional seharga USD 250/kamar/malam.

Meals

Orang Kazakhstan adalah carnivora sejati. Daging sapi, domba, dan kuda (iya, kuda!) adalah santapannya sehari-hari. Biasanya dipanggang dengan minim bumbu dan dimakan dengan roti. Jangan kuatir soal halal, mayoritas penduduknya penganut Islam jadi mereka bukan lah pemakan babi (cuman minum vodka. Hehe!). Jangan lupa coba Kumis, minuman yang terbuat dari susu kuda yang difermentasi.

Di sana nggak ada warung atau kaki lima, jadi makan kudu ke restoran. Pilihan yang paling aman adalah di food court mal, sekali makan sekitar 750-1300 Tenge udah kenyang. Makan di restoran biasanya habis sekitar 3000 Tenge.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Tips

  • SIM Card Kazakhstan belinya gampang dan murah, internetnya juga cepat. Untuk mengaktifkannya harus mengirim SMS yang instruksinya ada di kartu dalam Bahasa Rusia.
  • Orang Kazakhstan berbahasa Kazakhstan dan/atau Rusia, mereka umumnya tidak bisa berbahasa Inggris. Minta lah alamat hotel yang ditulis dalam kedua bahasa tersebut. Saya survive dengan punya mobile apps penerjemah bahasa Rusia.
  • Kalau mau beli oleh-oleh, saran saya beli lah coklat Kazakhstan yang ternyata enak dan murah – 1 bar coklat harganya 300 Tenge aja. Yang enak dan murah juga adalah vodka Kazakhstan. Ada bebeberapa macam merk, hanya saja saya juga nggak ngerti bacanya. Pergi aja ke Supermarket dan tanya orang lokal yang mana yang buatan Kazakhstan, harganya cuman sekitar 1000 Tenge sebotol.