Aplikasi untuk mengatasi takut naik pesawat
Aplikasi untuk mengatasi takut naik pesawat (sumber: ABC News)
Saat dihidupkan di pesawat, aplikasi ini tak memerlukan jaringan internet.

"Tarik napas dalam-dalam."
"Jangan pikirkan hal itu."
"Anda lebih berpotensi meninggal dalam kecelakaan mobil ketika menuju bandara daripada kecelakaan pesawat." 

Itu adalah beberapa saran yang diberikan kepada orang-orang yang takut naik pesawat. Seperti yang Tom Cruise katakan ketika menjadi Lt. Daniel Kaffee dalam film A Few Good Men: "Saya merasa sakit ketika terbang karena saya takut pesawatnya menabrak gunung yang besar. Saya pikir Dramamine tidak akan membantu."'

Namun, ada sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda menghilangkan rasa takut untuk naik pesawat. VALK Foundation, perusahaan Belanda yang bekerja sama dengan KLM Royal Dutch Airlines dan Universitas Leiden, meluncurkan aplikasi itu di Amerika Serikat. 

VALK Foundation merupakan salah satu pusat penelitian dan perawatan terhadap ketakutan naik pesawat, juga sebuah penyelenggara konferensi tiga dunia mengenai ketakutan naik pesawat.

VALK Foundation mengatakan bahwa aplikasi bernama "Flight App VALK" itu merupakan aplikasi pertama yang dikembangkan secara sains dengan tujuan membantu orang-orang yang takut naik pesawat.

"Aplikasi ini bertujuan mentransfer semua pengetahuan yang kami kembangkan melalui program terapi selama dua dekade terakhir ke dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat membantu wisatawan menghilangkan rasa takut," ujar Dr. Lucas Van Gerwen, Direktur VALK Faoundation. Dr. van Gerwen juga seorang aktivis penerbangan dan pilot profesional dengan pengalaman lebih dari 30 tahun.

Yayasan ini mengatakan bahwa 30% orang dewasa takut terbang.

Flight App ini didesain untuk membantu penumpang merasa rileks sebelum dan selama penerbangan dengan memberikan pengetahuan mengenai aerodinamik, keamanan penerbangan, dan turbulensi. Aplikasi ini juga menjelaskan mengenai sensasi yang dapat dirasakan ketika lepas landas, saat terbang, dan saat mendarat.

Dan, jika penumpang mencapai tingkat kepanikan tertinggi, mereka dapat menekan tombol "panik" yang akan memberikan informasi tertulis dan audio untuk membantu menurunkan tingkat kepanikan.

Mungkin yang terpenting adalah Flight App dapat digunakan selama penerbangan dalam mode "airplane." Setelah diunduh, aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi Internet.